Kamis, 14 Februari 2013

Makna Bhinneka Tunggal Ika

Makna Bhinneka Tunggal Ika - Teman-teman sebagian mungkin belum pernah mengetahui makna Bhinneka Tunggal Ika. Ketidak tahuan tersebut bisa saja terjadi karena kamu memang belum pernah mempelajarinya, atau mungkin juga sudah pernah belajar, tapi sudah lupa akan makna dari Bhinneka Tunggal Ika.

Bagi teman-teman yang belum pernah mempelajari atau mungkin sudah lupa makna Bhinneka Tunggal Ika, maka pada kesempatan ini, blog Karo Cyber akan mencoba mengulas kembali tentang apa sebenarnya makna yang terkandung dalam Bhinneka Tunggal Ika yang dikenal sebagai semboyan bangsa kita, yaitu bangsa Indonesia.

Frasa Bhinneka Tunggal Ika sendiri berasal dari bahasa Jawa Kuna dan dalam penerjemahannya sehari-hari kedalam Bahasa Indonesia akan bermakna "Berbeda-beda tetapi tetap satu".

Bila kata Bhinneka Tunggal Ika diterjemahkan per patah kata, maka akan berarti seperti berikut ini:

- Bhinneka yang bermakna "beraneka ragam" atau berbeda-beda.
- Tunggal yang bermakna "satu"
- Ika bermakna "itu"

Secara harafiah Bhinneka Tunggal Ika diterjemahkan "Beraneka Satu Itu", yang bermakna meskipun berbeda-beda tetapi pada hakikatnya bangsa Indonesia tetap adalah satu kesatuan. Semboyan ini digunakan untuk menggambarkan persatuan dan kesatuan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang terdiri atas beraneka ragam budaya, bahasa daerah, ras, suku bangsa, agama dan kepercayaan.

Kalimat Bhinneka Tunggal Ika sendiri merupakan kutipan dari sebuah kakawin Jawa Kuna yaitu kakawin Sutasoma, karangan Mpu Tantular semasa kerajaan Majapahit sekitar abad ke-14. Kakawin ini istimewa karena mengajarkan toleransi antara umat Hindu Siwa dengan umat Buddha.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar